DINAS KETAHANAN PANGAN

Kabupaten Indragiri Hulu

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Indragiri Hulu Menggelar Pelatihan Budidaya Sistem Hidroponik

3 min read

Guna mendukung pencapaian ketahanan pangan, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Indragiri Hulu menggelar pelatihan Budidaya Sistem Hidroponik, di Pematang Reba, Tanggal 23 dan 24 Juli 2019.

Ibu FEBRIANA ARTIKA SARI, SP selaku panitia pelaksana mengatakan Sistem pertanian dengan pola Hidroponik telah lama dikenal dan cocok untuk lahan pekarangan yang sempit dengan materi pelatihan sebagai berikut :
1.Optimalisasi pemanfaatan lahan perkarangan untuk meningkatkan gizi dan ekonomi keluarga
2.Teknik Budidaya Sistem Hidroponik
3.Praktek Budidaya Sistem Hidroponik
Adapun Instruktur Pelatihan Budidaya Sistem Hidroponik Tahun 2019 adalah Bapak SUKARDI dengan jumlah peserta terdiri dari 54 Orang yang merupakan Anggota Kelompok Wanita Tani dan Penyuluh Pertanian Lapangan di Kabupaten Indragiri Hulu.

Adapun Tujuan Pelatihan ini Meningkatkan Ilmu Pengetahuan, Keterampilan, Peran, Kesadaran dan Partisipasi peserta pelatihan tentang teknik Budidaya Sistem Hidroponik serta dapat mempraktekannya sesuai dengan petunjuk teknis serta Memberdayakan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dan Masyarakat Dalam Penyediaan Sumber Pangan dan Gizi melalui optimalisasi pemanfaatan lahan perkarangan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Indragiri Hulu, Ibu Ir. Hj. ISNIDAR berharap melalui pelatihan ini lebih banyak lagi masyarakat yang memiliki keterampilan dan wawasan berhidroponik. Keterampilan itu sekaligus diharapkan mampu mendukung ketahanan pangan yang di gagas pemerintah. Minimal untuk konsumsi di rumah tangga.

Tanaman hasil hidroponik juga sehat, aman dikonsumsi karena tanpa pestisida Ujar Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Ibu FIRDA YANTI, S.Pi

DKP.INHUKAB | Newsphere by AF themes.