DINAS KETAHANAN PANGAN

Kabupaten Indragiri Hulu

Dinas Ketahanan Pangan Menggelar Sosialisasi Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan

4 min read

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Indragiri Hulu melalui Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan menggelar Sosialisasi pengawasan mutu dan keamanan pangan kegiatan peningkatan mutu dan keamanan pangan di Ruang Pertemuan Jalan Pematang Reba – Pekan Heran KM 4 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Sosialisasi pengawasan mutu dan keamanan pangan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ibu Ir. Hj Isnidar dan didampingi oleh Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Ibu Firda Yanti, S.Pi serta Kepala Seksi Kemanan Pangan, Ibu Yurnaini, S.Sos. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Narasumber dari Dinas Ketahanan Provinsi Riau Bapak Mardianto,S.Pt dan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu Bapak Mikyaruddin, SKM. MSi.
Adapun Peserta sosialisasi ini berasal dari Kelompok Tani yang ada di 4 (empat) Kecamatan yakni Kecamatan Kuala Cenaku, Kecamatan Rengat Kecamatan Rengat Barat dan Kecamatan Pasir Penyu, dengan jumlah peserta sebanyak 20 (dua puluh) orang.
Dalam Sambutannya. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Indragiri Hulu, Ir. Hj. Isnidar mengatakan Pengawasan Mutu adalah kegiatan yang dilakukan untuk menjamin bahwa proses yang terjadi akan menghasilkan produk sesuai dengan tujuan yang diinginkan, hal tersebut meliputi semua kegiatan dalam rangka pengawasan rutin mulai dari bahan baku, proses produksi hingga produk akhir. pengawasan mutu pangan berperan atau terkait ialah dalam keseluruhan industri pertanian yang menggarap produk pangan dari industri usaha produksi bahan pangan, sarana produksi pertanian, industri pengolahan pangan dan pemasaran komoditas pangan.
Mutu pangan bersifat multi dimensi dan mempunyai banyak aspek. Aspek-aspek mutu pangan tersebut antara lain adalah aspek gizi (kalori, protein, lemak, mineral, vitamin, dan lain-lain) aspek selera (indrawi, enak, menarik, segar) m’ aspek bisnis (standar mutu, kriteria mutu) serta aspek kesehatan (jasmani dan rohani) kepuasan konsumen berkaitan dengan mutu.
Adapun Tujuan dari kegiatan ini yaitu :
• Meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keseriusan para peserta sosialisasi dalam pengawasan mutu dan keamanan pangan
• Membangun kesadaran masyarakat untuk bersama – sama mengawasi mutu pangan dan keamanan pangan di tingkat kecamatan ataupun kabupaten dalam sosialisasi
pengawasan mutu dan keamanan pangan tersebut.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para peserta Sosialisasi dapat menyebarluaskan atau menginformasikan kepada masyarakat dilingkungannya masing-masing. Selain hal tersebut, diperlukan juga kerjasama antara semua pihak antara lain petani, produsen pangan, pedagang dan pemerintah untuk menjamin tersedianya pangan segar yang aman untuk dikonsumsi agar masyarakat terhindar dari cemaran mikroba maupun kimia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DKP.INHUKAB | Newsphere by AF themes.